Skip to main content

Mengolah Daging Kambing agar Empuk tidak berbau Prengus

MENGOLAH DAGING KAMBING AGAR EMPUK TIDAK BERBAU  PRENGUS .Saat kita makan daging kambing, kita sering merasa ada bau yang tidak sedap saat mengunyah daging tersebut. Kita sering menyebut bau tersebut dengan kata " PRENGUS". Kenapa bisa seperti itu?
Daging Kambing
apa yang menyebabkan daging tersebut bisa mempunyai bau tak sedap "prengus". Banyak dari kita tidak merasa nyaman dengan bau  tak sedap" prengus" tersebut. Dan memilih untuk tidak mengkonsumsi daging kambing. Padahal diluar daging kambing yang berbau tidak sedap"prengus". Daging kambing memiliki tekstur yang khas. Rasanya yang sedap saat disate maupun sedap saat di gulai maupun tongseng membuat daging kambing banyak dicari. Rasa daging kambing yang punya tekstur sendiri membuat para pecinta daging punya sensasi sendiri.


Sebenarnya apa sih prengus itu? Prengus merupakan bau tak sedap atau bau khas dari daging kambing. Bau ini hanya dimiliki oleh daging kambing. Anda bisa mencium bau tak sedap seperti bau badan dari kambing. Bau prengus ini bisa anda cium saat kambing masih hidup. Bau prengus ini bisa ikut terasa bahkan saat daging kambing ini kita santap. Bau prengus ini akan tetap menempel jika kita tidak mengolah daging kambing dengan benar. Lalu bagaimana cara mengolah daging kambing supaya tidak prengus? Ada berbagai perlakuan khusus terhadap daging kambing agar daging kambing ini tidak berbau prengus saat dinikmati. dan tetap sedap saat dinikmati.

Berikut adalah cara agar bau tidak sedap "prengus" hilang dari daging kambing.

  • Saat Menyembelih/ Memotong Kambing
Disaat anda memotong/ menyembelih sendiri kambing. Usahakan tangan yang sudah menyentuh tanduk kambing jangan dipakai untuk memotong daging lainnya. karena tanduk merupakan sumber dari bau prengus.Jika terpaksa anda menyentuh tanduk dahulu, maka usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Baru setelah itu anda dapat memotong bagian lain dari daging kambing.
  • Singkirkan Lemak
Saat anda memotong daging kambing anda harus menghilangkan bagian lemaknya. Karena bau prengus berasal pula dari lemak yang menempel pada daging. maka singkirkan lemaknya jika anda ingin menghilangkan bau prengus.
  • Jangan Dicuci
Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan ibu-ibu atau orang yang mengolah daging kambing. Mencuci daging kambing setelah dipotong atau dibeli malah akan membuat daging menjadi prengus dan alot. Jadi saat anda mendapatkan daging kambing jangan pernah mencucinya terlebih dahulu. Rebuslah daging pada air yang mendidih. baru setelah itu kamu bisa mengolah daging kambing sesuai keinginan.
  •  Digantung Terbalik
Jika anda ingin menggunakan daging kambing yang langsung diolah seperti sate atau yang lainnya. Maka daging kambing itu sebaiknya digantung dalam keadaan terbalik terlebih dahulu. karena jika langsung digunakan akan alot dan prengus. penggantungan terbalik daging kambing bertujuan agar menghilangkan sisa darah dari daging kambing , sehingga daging menjadi lebih empuk dan juga tidak berbau prengus.
Sate Kambing
  •  Lumuri dengan Jeruk nipis
Jeruk nipis merupakan bahan yang ampuh untuk menghilangkan bau amis. Ini juga berlaku bagi daging kambing . Air perasan jeruk nipis ini juga dapat menghilangkan bau prenggus dari daging kambing. Air perasan jeruk nipis juga merupakan anti bakteri yang membunuh bakteri. Tunggu selama sekitar tiga puluh menit setelah dilumuru air jeruk nipis untuk selanjutnya mengolah daging kambing.
  •  Bungkus Dengan Daun Pepaya
Gunakan daun pepaya muda untuk membungkus daging kambing yang masih mentah. Daun pepaya muda bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Hal tersebut karena daun pepaya memiliki zat yang dapat menghilangkan bau prengus. Selain menghilangkan bau prengus daun pepaya muda juga bisa membuat daging lebih empuk.
  •  Baluri degan Parutan Nanas
 Parutlah nanas untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Getah nanas dipercaya untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing juga dapat membuat daging kambing menjadi lebih empuk. Lumuri daging dengan parutan nanas selam kurang lebih setengah jam. Kemudian daging kambing bisa kamu olah sesuai selera.
  • Campur dengan Mentimun
Mentimun juga dapat menghilangkan bau prengus dari daging kambing. Potong kecil-kecil/parut mentimun lalu remas-remas bersama dengan daging kambing. Hal ini ampuh menghilangkan bau tanpa merusak tekstur dan rasa dari daging kambing. 
Gulai Kambing

  •  Rebuslah bersama Rempah-Rempah
Haluskan terlebih dahulu rempah-rempah, baru kemudian rebus bersama dengan daging kambing agar tidak berbau prengus. Rempah-rempah yang dapat digunakan antara lain Jahe, Kunyit, Kapulaga, Serai, Daun salam, lengkuas.
  •  Campur dengan Bumbu lain
Selain dengan Rempah-rempah daging kambing bisa hilang bau prengus bisa menggunakan bumbu-bumbu lain seperti : Bubuk kare, Potongan lobak, cuka, kacang hijau, tebu.
 Cara-cara diatas merupakan cara-cara yang cukup ampuh digunakan oleh para koki-koki rumah tangga yang digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap "prengus" dari daging kambing. Cara tersebut juga digunakan untuk membuat daging kambing lebih empuk. Cara diatas juga tidak mengubah cita rasa juga tekstur daging kambing yang khas. Daging kambing tersebut juga tidak kehilangan kandungan gizi seperti zat besi, Protein hewani dan kalsium yang bagus untuk pertumbuhan sel. Jadi akan sangat berguna bagi masa pertumbuhan anak-anak.

Demikian postingan dari saya semoga anda lebih menikmati cita rasa daging kambing dari berbagai masakan tanpa harus takut akan merasakan bau tidak sedap "prengus" daging kambing, sehingga dapat merusak selera. Selamat mempraktekkan dan menikmati!!!!

Comments