Skip to main content

CARA MEMILIH DAN MEMASAK KEPITING AGAR GURIH DAN LEZAT

TIPS CARA MEMILIH DAN MEMASAK KEPITING AGAR GURIH DAN ENAK. Banyak dari kita yang lebih memilih untuk membeli kepiting matang daripada memasak kepiting sendiri. Padahal kita tahu bahwa membeli kepiting matang harganya sangat mahal. Satu porsi kepiting harganya mulai dari 100 ribuan. Dan hanya mendapat sedikit kepiting, tentu kita belum merasa puas. Apalagi jika kita mempunyai anggota keluarga yang banyak. Tentu akan sangat keberatan jika harus membeli kepiting matang di warung ataupun restoran. Bugjet yang harus dikeluarkan akan sangat besar.

kepiting segar


Berbeda saat kita memasak kepiting sendiri, tentu banyak biaya yang akan terpotong, yang bisa dihemat. Kita juga dapat memastikan bahwa bahan yang kita pakai tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya seperti yang banyak beredar di masyarakat. Tetapi banyak dari kita yang belum mengetahui cara memilih dan memasak kepiting. Itu membuat kita menjadi ragu, bahkan terkadang kita dibodohi oleh para pedagang kepiting yang membuat kita membeli dagangannya meskipun barang dagangan tersebut tidak segar.

Kepiting adalah hewan yang hidup didaerah pantai. Hewan ini tidak terdapat di laut tapi terdapat pada sekitar pantai yang banyak terdapat pohon bakau. Kepiting bukan hewan yang hidup di air tawar maupun laut. binatang ini hidup di air payau ( pertemuan air tawr dan laut). Kepiting banyak hidup di bawah akar pohon bakau.

Kepiting memiliki daging ditubuhnya. Namun daging kepiting memiliki tekstur yang berbeda dengan ayam maupun sapi. daging kepiting memiliki cita rasa tersendiri, sehingga kita bisa memasaknya tanpa menggunakan bumbu tersendiri.

Karena rasanya yang enak banyak yang berminat untuk memasak kepiting. Sebelum memasaknya tentu kita perlu tahu cara memilih dan memasak kepiting agar terasa gurih dan lezat.

Tips memilih kepiting yang segar :
  1. Kepiting yang segar tentu enak dan aman dimakan. Kepiting yang segar masih mempunyai citarasa daging yang gurih tersendiri. Biasanya kepiting yang segar akan dijual dalam keadaan hidup. hal ini karena kepiting mampu lebih lam bernafas di daratan. Kepiting yang segar akan bergerak lincah. Mintalah pada penjual untuk membuka sebentar ikatan pada kepiting untuk memastikan. Kemudia ikat kembali.
  2. Saat memilih kepiting angkatlah kepiting, rasakan beratnya. Jika saat diangkat kepiting terasa berat dan matanya terbuka maka kepiting tersebut memiliki daging yang bagus dan berkualitas tinggi.
  3. Sebaiknya jangan memilih kepiting yang beratnya ringan. karena tidak ada dagingnya. Hal tersebut akan menyusahkan anda dalam memakan kepiting tersebut karena sedikit daging.
Jika anda sudah memilih kepiting yang sesuai dengan tip memilih kepiting yang segar, maka tinggal satu langkah lagi agar anda bisa memastikan bahwa kepiting yang anda santap gurih dan lezat . Berikutnya adalah cara memasak kepiting agar gurih dan lezat.
menu kepiting

 Tips memasak kepiting gurih dan lezat :
  1. Langkah pertama balikkan kepiting dalam posisi terlentang masih dalam ikatan, lalu tusuk-tusuk menggunakan pisau yang runcing kemudian belah menjadi dua agar kepiting tersebut mati. Kemudian baru lepas ikatannya.
  2. Cuci kepiting dengan air bersih namun JANGAN MERENDAM kepiting. Sikat dan gosok kepiting menggunakan sikat gigi atau kuas agar kotoran yang menempel pada kepiting bisa hilang sepenuhnya.
  3. Buanglah bagian ujung pantat yang berbentuk segitiga pada kepiting, Karena itu tidak baik dimakan. Karena bagian tersebut adalah tempat kotoran kepiting.
  4. Potong kepiting menjadi dua bagian. lalu bersihkan isi perutnya yang berwarna kehijauan. Cuci kembali hingga kepiting bersih
  5. Pukul-pukul bagian capit dan kaki kepiting sehingga saat dimasak bumbu bisa meresap kedalam daging bagian dalam  kepiting, dan terasa enak saat dimakan
  6. Sebelum memasaknya dengan bumbu, terlebih dahulu rebus kepiting bersama dengan kayu arang. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan racun yang ada dalam kepiting.
  7. jangan terlalu lama merebus Kepiting, cukup 15-20 menit. karena dapat membuat daging alot.
  8. Kemudian anda dapat memasak kepiting sesuai dengan selera. Jangan terlalu lama memasak kepiting!
 Itulah cara memilih dan memasak kepiting agar dagingnya tetap gurih dan enak. Semoga bermanfaat

Comments