Skip to main content

Bahaya berbagai Macam Bahan Makanan saat dimakan Bersama

Bahaya Pencampuran Makanan
Bahaya berbagai Macam Bahan Makanan saat dimakan Bersama. Berbagai penyakit muncul belakangan ini. Taukah kamu? sebagian besar penyakit muncul berasal dari perut? apa maksudnya? Beberapa penyakit yang berbahanya muncul dikarenakan apa saja yang kita makan, atau apa saja yang masuk dalam perut kita. Begitu berbahayakan bahan makanan yang masuk ke dalam perut kita? apakah semua bahan makanan itu baik bagi tubuh kita? Lalu Bahan makanan apa yang tidak berbahaya bagi tubuh? Bahan makanan sejatinya punya manfaat tersendiri bagi tubuh kita. Terkadang kitalah yang salah dalam mengolah dan mengkonsumsi bahan makanan tersebut sehingga menjadi racun bagi tubuh kita. Selain kuantitas (seberapa banyak kita makan), kita juga sering salah dalam menggabungkan jenis bahan makanan sehingga bahan makanan tersebut menjadi berbahaya bagi tubuh kita jika kita makan secara bersama-sama.
Berikut ini adalah makanan yang berbahanya jika kita makan secara bersamaaan, atau bahan makanan tersebut akan menjadi bahan yang berbahaya jika kita konsumsi karena bisa mempengaruhi satu sama lain.
bahan makanan yang tidak boleh dimakan secara bersamaan antara lain:
  • Alkohol dan Soda
Minuman berkarbonasi atau yang sering kita sebut dengan minuman bersoda mempunyai kadar gula yang sangat tinggi. Sering kita tidak memperhitungkan apa yang kita minum, padahal minuman juga termasuk apa yang masuk kedalam perut  kita. Selain soda yang punta kadar gula sangat tinggi, alkohol pun mempunyai kadar gula yang sangat tinggi pula. Alkohol dan Soda merupakan produksi turuna dari glukosa. Jika kalian mengkonsumsi secara bersamaan, Maka alkohol akan dicerna sangat cepat dalam usus. Sehingga kalian akan merasa keracunan.
  •  Kedelai ( Produk kedelai) dan Bayam
Produk kedelai? apa saja itu produk kedelai. Adalah produk yang berasal dari kedelai/olahan kedelai. seperti tahu, tempe, tofu, dll. Produk kedelai banyak mengandung kalsium. Sedang bayam mengandung asam oksalat yang dapat mengganggu penyerapan kalsium dan membentuk endapan tak larut. sehigga jika kalian mengkonsumsinya bersamaan akan menyenbabkan gangguan pencernaan serta berbagai penyakit karena endapan tak larut tersebut.
  • Kedelai dan Bawang Hijau/Daun bawang
Pernahkan memasak tahu atau tempe dicampur dengan daun bawang? sering? Seperti halnya bayam, daun bawang juga mengandung banyak asam oksalat. Bahan ini juga akan menghambat penyerapan kalsium sehingga kita akan kekurangan kalsium dan menderita berbagai penyakit seperti kejangg, Osteomalacia dan bahkan patah tulang.
  • Susu dan Cokelat
Kedua makanan ini sangat disukai anak-anak. Mereka kadang suka memakannya bersamaan. Bahkan kita orangtua juga sering membiarkan anak untuk mengkonsumsi secara bersamaan. padahal susu dan cokelat jika  dimakan secara bersamaan akan menyebabkan diare.
  • Susu kedelai dan telur
Telur mengandung banyak kalsium dan protein yang berguna dalam tubuh. namun jika dimakan bersama dengan susu kedelai makan susu kedelai akan mengganggu aktivitas protease. Jika terganggu maka protein akan sulit dicerna tubuh.
  • Kiwi dan susu
Kiwi banyak digunakan untuk campuran yogurt. Tapi sayangnya kiwi mengandung enzim yang akan membuat susu menjadi pahit sehingga tidak bisa dikonsumsi lagi. 
  • Kacang dan Bir
kacang mengandung banyak vitamin dan mineral. memakan kacang bersama dengan bir akan membuat kandungan dalam kacang rusak.
  • Susu dan Buah pamelo / Buah asam
Susu dan buah asam akan bereaksi jika dicampur bersama. Pencampuran ini akan membuat perut menjadi kembung.
  • Asam laktat (yogurt) dan daging Ham
Jika kamu memakan ham daging dalam sandwich dan asam laktat (yogurt) maka akan sangat berbahanya. hal ini karena jika kamu mencampurkan atau  mengkonsumsi secara bersamaan maka akan menyebabkan penyakit kanker. Hal ini bisa kalian lihat sekarang. Banyak sekali penyakit kanker yang bermunculan.
  • Daging dan Cuka
Daging adalah makanan panas, sedang cuka adalah makan yang hangat. jika kamu memakan secara bersamaan maka mereka akan menyebabkan over aktivitas sehingga bisa merugikan jantung.
  • Daging dan Semangka
Semangka adalah buah dingin, dan daging adalah  makanan panas. Jika keduanya kalian makan bersamaan maka efek gisi dari daging akan turun secara drastis. dan hal tersebut akan mempengaruhi limpa dan lambung.
  •  Sapi dan Chesnut
Sapi dan cheshnut merupakan makanan yang baik bai tubuh. namun jika dimakan bersamaan maka akan menyebabkan dispepsia.
  •  Kepiting dan Teh
Jika kita makan di restoran atau warung yang menyediakan kepiting, sering kita meminum dengan teh. Padahal kombinasi dari kedua makanan tadi akan menyebabkan gangguan pencernaan. Teh akan mengganggu asimilasi bahkan menyebabkan lambung susah untuk mensterilisasi.
  •  Udang dan Vitamin C
Jika kita sering memakan udang setelah itu meminum es jeruk, maka hilangkan kebiasaan itu sekarang. karena jika udang disandingkan dengan vitamin c maka akan bereaksi dan akan membentuk racun arsenik yang bisa menyebabkan kematian.
  •  Beberapa Buah-buahan dan Seafood
Buah yang mengandung tanin seperti anggur, kesemek dan delima sebaiknya tidak dimakan bersamaan dengan makanan laut. hal tersebut akan menyebabkan zat yang tidak larut dalam tubuh.
Itulah bahan makanan yang dipandang berbahaya bagi kesehatan jika dimakan secara bersamaan. Selain dipandang berbahaya bagi kesehatan di bidang Ilmu kesehatan.Berikut ini adalah makanan yang tidak baik dimakan bersamaan menurut Nabi Muhammad SAW. berdasarkan hadist riwayat.
  1. Barang Siapa meminum susu dan Jus buah sekaligus makan akan menyebabkan penyakit kusta dan encok.
  2. Barang siapa memakan telur rebus dingin maka akan menyebabkan asma.
  3. Jangan memakan ikan asin dan telur bersamaan, karena akan menyebabkan mencret, ambeien dan sakit gigi
  4. jika terlalu banyak makan telur maka wajah akan terasa gatal-gatal.
  5. Jika kita memakan yang asin-asin atau ikan asin. dan melakukan gurah sesudah mandi maka akan menyebabkan panu dan eksim.
Sedang kebiasaan makan dari Nabi Muhammad SAW adalah;
  1. Nabi meminum madu, terbukti madu mengandung banyak kebaikan.
  2. Nabi tidak pernah mencampur makanan yang sulit dicerna dan mudah dicerna
  3. Nabi tidak pernah memakan daging dan susu secara bersamaan.
  4. Tidak memakan makanan yang diawetkan.
  5. Nabi tidak pernah memakan makanan yang dibusukkan dan digarami ( ikan asin, tape, asinan, manisan)
  6. Nabi mengajarkan makan dengan menggunakan tangan, tanpa sendok dll. dan menjilat makanan yang tersisa di jari setelah makan. hal ini karena tangan mengandung enzim yang membantu proses pencernaan.
  7. Nabi Makan secuil (jangan berlebihan) garam sebelum makan, karena garam menangkal 70 macam penyakit.
  8. Berdoa dan mencuci tangan sebelum makan.
  9.  Jangan menyisakan nasi sedikitpun di piring.
Demikian tulisan yang bisa saya sajikan. semoga bermanfaat bagi anda. Selamat membaca dan mencoba!!!

Comments